Rekomendasi Kertas Terbaik Untuk Percetakan

Kertas mempunyai faedah penting untuk keperluan percetakan. Kertas menjadi media guna mentransfer objek dalam sekian banyak  macam bentuk, laksana tulisan atau teks, gambar, dan sebagainya. Sehingga kertas memiliki jenis yang pelbagai sesuai dengan fungsinya. Untuk menemukan hasil printing yang sempurna, Anda mesti memakai kertas terbaik guna printing.

Rekomendasi Kertas Terbaik Bagi Printing

Jenis kertas percetakan pasti saja akan memprovokasi hasil cetakan. Karena kertas memiliki tekstur yang berbeda-beda tergantung bahan pembuatnya. Untuk menemukan hasil cetakan yang bagus dan berkualitas, Anda mesti menyimak kertas, tinta dan tidak tak sempat printer yang digunakan. Berikut rekomendasi kertas terbaik untuk keperluan printing anda.

  1. Kertas Art Paper

Biasanya kertas jenis ini dipakai untuk media cetak dengan tekstur dan warna yang beragam. Seperti majalah, brosur, katalog produk, dan benda beda yang memiliki gradasi warna yang cukup pelbagai dan menarik. Karena permukaan kertas ini licin dan halus sampai-sampai warna yang didapatkan lebih tajam. Ketebalan kertas ini lumayan bervariasi. Namun bisa dibilang tidak tebal, yakni mulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram dan 150 gram. Kertas Art pun dapat dipakai untuk keperluan cetakan flyer sebab mampu menghasilkan cetakan yang bagus, warna yang terang.

  1. Kertas Art Carton

Kertas Art Carton memiliki tekstur yang sama dengan Art Paper yakni licin dan halus. Namun, kertas ini memiliki gramtur yang lebih tebal sampai 400 gram. Sehingga kertas Art Carton sering dipakai untuk cover buku, map, kartu nama atau ID Card, sampul dan sebagainya. Jenis kertas ini dapat menghasilkan cetakan yang paling bagus dan berkualitas. Terutama guna cover buku, sebab permukaannya yang halus dan mengkilap andai diberi gradasi warna. Sehingga tidak heran andai cetakan yang didapatkan sangat profesional.

  1. Kertas Ivory

Kertas Ivory adalahjenis kertas yang memiliki permukaan satu sisi saja. Bagi sisi sebaliknya diciptakan tanpa coating. Sifat kertas ini sama dengan Art Carton dengan permukaan yang halus dan licin. Ketebalan kertas ini sangat pelbagai dan lumayan tebal, mulai dari 210 gram. 230 gram, 250 gram, sampai 400 gram. Biasanya kertas jenis ini dipakai untuk cetakan dus kosmetik, aksesoris, paper bag dan sebagainya. Bagian yang halus bakal dicetak cocok desain dan warna yang diperlukan untuk unsur luar. Dan guna bagian yang polos tanpa coating dipakai untuk unsur dalam.

  1. Kertas Dupleks

Kertas Dupleks adalahjenis kertas yang memiliki dua warna pada kedua sisinya. Warna kertas ini putih dan abu-abu. Kertas ini memiliki ketebalan yang lumayan tebal, dengan gramatur sangat rendah 250 gram, 270 gram, dan guna gramatur sangat tebal menjangkau 500 gram. Kertas Dupleks dipakai untuk keperluan cetakan dus produk. Baik tersebut dus kemasan obat, dus kemasan makanan, dan sebagainya. Karena kertas ini paling tebal sehingga dapat menjaga sesuatu didalamnya dengan aman.

  1. Kertas HVS

Jenis kertas ini paling terkenal dan tidak sedikit digunakan untuk sekian banyak  keperluan, terutama percetakan. Kertas HVS memiliki tekstur yang lumayan kasar dengan ketebalan yang standar. Sehingga kertas ini dipakai untuk cetakan buku, fotokopi, dan sebagainya. Kertas HVS memiliki gramatur mulai dari 60 gram, 70 gram, 80 gram dan 100 gram. Biasanya HVS yang paling tidak sedikit digunakan untuk keperluan tugas sekolah, skripsi, tugas akhir, sampai para karyawan yakni HVS 80 gram.

  1. Kertas Samson Kraft

Kertas Samson Kraft adalahjenis kertas daur ulang dengan permukaan berwarna coklat. Kertas Samson Kraft memiliki gramatur 70 gram dan 80 gram. Biasanya kertas jenis ini dipakai untuk keperluan art atau guna paper bag sebab mempunyai tekstur yang paling unik dan menarik.

  1. Kertas Concord atau Linen Jepang

Jenis kertas ini memiliki variasi yang pelbagai diantaranya Concord, Linen Jepang, BW dan BC. Sehingga kertas ini sering dipakai untuk keperluan printing khusus laksana piagam, sertifikat, ID Card, dan sebagainya. Khususnya guna media cetak dengan permukaan halus dan mengkilap. Biasanya kertas ini memiliki ketebalan yang lumayan tebal. Karena mamang dicocokkan dengan kegunaanya. Gramatur kertas Concord dan variannya mulai dari 160 gram, 220 gram sampai 250 gram.

  1. Kertas Fancy Paper

Fancy Paper memiliki jenis yang sangat pelbagai dengan ciri khas yang berbeda. Mulai dari jenis jasmine, java emboss, hawaii, dan sebagainya. Ketebalan kertas ini mulai dari 80 gram, 100 gram, 220 gram sampai 300 gram cocok dengan keperluan printing Anda. Biasanya Fancy Paper dipakai untuk kartu undangan pesta, pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya. Karena tekstur dan warnanya yang paling cantik dan menarik. Bahkan kertas ini pun dapat disusun sesuai dengan desain yang diinginkan.

  1. Kertas Corrugated

Kertas Corrugated adalahjenis kertas yang memiliki tekstur kasar dan berwarna coklat. Kertas ini memiliki ketebalan yang lumayan tebal dan dipakai untuk pelindung sesuatu. Penggunaan kertas ini guna dus makanan, produk, perangkat elektronik dan lainnya. Dan guna mencetak di kertas Corrugated dibutuhkan kertas lain sebab gramaturnya yang tebal.

  1. Kertas Glossy

Kertas Glossy memiliki tekstur yang berlapis dan halus serta mengkilap. Kertas ini memiliki kualitas yang paling baik dan tajam sampai-sampai dapat menghasilkan cetakan yang berbobot | berbobot | berkualitas dan cerah. Kertas ini sangat sesuai untuk mencetak foto, atau gambar dengan gradasi warna yang tajam. Kertas Glossy memiliki kualitas yang paling tinggi. Warnanya tampak lebih hidup dan reflektif. Dan kertas ini memiliki sifat lengket ketika ditempelkan pada kaca atau gelas dan andai dipegang bakal meninggalkan sidik jadi pada permukaannya.

  1. Kertas Yellow Board

Kertas Yellow Board adalahsalah satu kertas terbaik yang dipakai untuk hard cover. Saat proses printing, kertas ini mesti dilapisi dengan Art Paper supaya dapat menghasilkan warna dan desain yang sempurna.

  1. Kertas Matte

Kertas Matte memiliki permukaan yang halus dan tidak mengkilap. Namun, kertas ini tahan terhadap goresan dan tidak lengket ketika dipegang. Kertas Matte sangat sesuai untuk cetakan potret atau objek dengan warna yang klasik dan hitam putih. Khususnya untuk potret pernikahan, prewedding, dan sebagainya dengan tema klasik atau rustik.

  1. Kertas Luster

Kertas Luster memiliki saturasi warna yang sangat pelbagai dan lebih tajam. Apalagi bila disaksikan dari permukaannya yang paling halus dan mengkilap. Kertas ini seringkali digunakan guna printing potret dengan kualitas tinggi. Sifat dari kertas ini tidak lengket sehingga ketika dipegang tidak meninggalkan sidik jari. Printing potret menggunakan kertas ini tampak profesional. Terutama andai diberi bingkai pada dinding. Karena kertas Luster memiliki sifat Glossy dan Matte sehingga memperlihatkan gambar yang paling baik dan sempurna.

  1. Kertas Metallic

Kertas Metallic adalahjenis kertas guna printing potret dengan tekstur yang halus. Kertas ini mempunyai ciri khas utama yakni terlihat laksana logam sebab sangat mengkilap. Kertas ini bisa menghasilkan warna yang kontras dan pelbagai dengan ketajaman yang paling baik.Warna yang didapatkan oleh kertas ini paling mengkilap walaupun gradasi warna yang diserahkan sangat beragam. Kertas ini pun mampu bertahan paling lama tanpa meminimalisir kualitas potret tersebut.

Layanan Percetakan”Ku”

Layanan percetakan “ku” siap melayani semua keperluan yang kamu butuhkan. Kami dengan senang hati menerima pesanan dari anda. Karena kami akan menyerahkan solusi sekaligus menyerahkan masukan tentang proses pengerjaan pesanan anda.

Contact

Percetakan “ku”

+628111016633

[email protected]

percetakanku.co.id